Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Cara Mengatasi Mobil yang Terkena Banjir

    Cara Mengatasi Mobil yang Terkena Banjir - Banjir yang terjadi di kota-kota besar sangat merugikan. Banjir sangat berakibat fatal bagi mobil kita. Air yang masuk ke dalam mobil, apalagi sampai masuk ke dalam mesin dapat mendatangkan kerugian yang cukup besar dan bahkan dapat merusak mobil dan mengurangi performa mobil. Terkadang kita tidak bisa menghindari bencana banjir yang datang secara tiba-tiba ini. Jika memang tidak bisa dihindari, maka kita harus memiliki tips untuk perawatan mobil ketika terkena banjir.

    Berikut adalah tips yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama bila mobil terkena banjir, yaitu Cara Mengatasi Mobil yang Terkena Banjir agar tidak mengalami kerusakan yang fatal:

    Cara Mengatasi Mobil yang Terkena Banjir
    1. Segera lepaskan kabel negatif dan positif battery, hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek (korsleting) dari arus yang dapat merusak komponen elektrik didalamnya.
    2. Jika memungkinkan untuk memindahkan kendaraan lakukan dengan cara mendorong, jangan coba-coba untuk menghidupkan mesin karena dapat menyebabkan adanya korsleting dan air banjir akan terhisap masuk kedalam mesin.
    3. Segera non aktifkan rem parkir lalu gunakan batu atau masukkan transmisi ke gigi 1 (manual) atau posisi P (automatic) untuk menghindari kanvas rem melekat, terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.
    4. Periksa semua oli ataupun minyak, baik itu mesin, transmisi dan lainnya karena kemungkinan oli atau minyak tersebut sudah tercampur air. Jadi sebaiknya kuras semua oli atau minyak tersebut dengan yang baru.
    5. Jika kendaraan anda masih memungkinkan untuk dikendarai segera dibawa kebengkel atau dealer terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, karena kendaraan yang sudah menggunakan ECU sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam banjir.
    6. Jika memungkinkan, anda dapat memarkir kendaraan anda dilokasi dengan permukaan yang miring. Hal ini akan memungkinkan air yang berada didalam kendaraan menumpuk disatu area sehingga dapat lebih mudah untuk membuangnya.
    7. Keluarkan semua air dari dalam kendaraan sehingga dapat memulai proses pembersihannya. Untuk air yang sudah menyerap ke bagian karpet/kain anda dapat menggunakan handuk dan serbet untuk mengilangkan kelembabannya.
    8. Buka semua pintu dan jendela dan biarkan mobil untuk kering sehingga dapat menghilangkan bau yang menetap karena kejadian banjir tersebut walaupun tidak dapat menghilangkan sepenuhnya.
    9. Periksa semua fungsi-fungsi dari kendaraan apakah ada masalah atau tidak ketika dikendarai seperti sistem drivetrain, kelistrikan, bahan bakar, suspensi dan perhatikan juga untuk interior kendaraan.
    10. Periksa semua oli ataupun minyak, baik itu mesin, transmisi, gardan dan sistem rem karena kemungkinan oli atau minyak tersebut sudah tercampur air. Jadi sebaiknya kuras semua oli atau minyak tersebut dengan yang baru.
    11. Hubungi bengkel terdekat untuk pemeriksaan lanjutan karena kemungkinan mengalami kerusakan yang lebih.
    Sumber: PT.Suzuki Indomobil Sales

    Tidak ada komentar

    Arsip Blog

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728