Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Tips Perawatan Mobil Secara Sederhana untuk Menghindari Kerusakan

    Tips Perawatan Mobil Secara Sederhana untuk Menghindari Kerusakan - Bagi para pemilik mobil tidak boleh melupakan perawatan sederhana yang bisa dilakukan selain menyerahkannya pada bengkel resmi. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan sendiri untuk merawat mobil, misalnya pada hal-hal kecil. Menurut Suzuki, 5% dari seluruh kerusakan mobil disebabkan oleh terabaikannya perawatan mobil.

    Bagi para pemilik mobil, berikut ini tips cara memeriksa kondisi mobil secara sederhana dan murah supaya kendaraan kita lebih awet dan tetap prima, memastikan pemakaian aman, dan mencegah pengeluaran yang tidak perlu:

    Tips Perawatan Mobil Secara Sederhana untuk Menghindari Ke
    1. Setiap unit kendaraan pasti dilengkapi dengan buku pintar panduan penggunaan dan perawatan mobil. Kita harus selalu mengacu pada buku petunjuk pemakaian dari produsen mobil, mengganti filter oli tiap 5.000 km.
    2. Pemeriksaan mobil secara sederhana dengan cara memeriksa semua cairan, termasuk oli rem, power steering, oli transmisi, oli gardan, cairan pembersih kaca, air radiator. Semua cairan mempunyai andil yang cukup besar dalam menjamin keamanan dan kelancaran kerja tiap bagian dalam kendaraan.
    3. Ban adalah komponen yang sangat penting untuk keselamatan berkendara. Periksa tekanan ban. Ban yang tekanannya kurang dapat menyebabkan pemakaian bahan bakar yang tidak efisien, selain dapat menyebabkan kecelakaan. Pemeriksaan tekanan ban paling tidak harus dilakukan sekali dalam sebulan.
    4. Performa mobil terletak pada mesinnya. Periksa dan stel mesin. Busi yang rusak atau fuel injector yang kotor dapat menyebabkan efisiensi pemakaian bahan bakar berkurang sampai 30%.
    5. Kekokohan mobil terletak pada chasisnya. Bersihkan dan lumasi bagian-bagian chasis yang harus bisa bergerak seperti engsel dan komponen suspensi untuk memperpanjang usianya.
    6. Kelistrikan pada mobil sangat penting keberadaannya. Periksa accu kabel-kabel dan kutubnya. Bersihkan dari garam dan karat. Cairan accu pun harus diperiksa. Jika cairan terlihat kurang, isi hingga batas yang telah ditentukan.
    7. Berkendara pada malam hari wajib adanya lampu. Periksa semua lampu secara teratur, termasuk lampu besar, lampu sign, lampu rem, lampu mundur dan lampu senja.
    8. Ketika hari hujan, mobil sangat membutuhkan wiper yang berfungsi dengan baik. Periksa karet wiper dari kerusakan seperti robek, terkikis atau mengeras karena panas matahari. Ganti setidaknya setahun sekali atau jika terlihat mulai meninggalkan bekas di kaca.
    9. Periksa secara teratur engine belt (tali kipas) baik yang menghubungkan mesin dengan dynamo maupun AC.
    10. Udara kotor sangat berpengaruh pada performa mobil, untuk itu periksa filter udara (air filter) secara teratur. Pemeriksaan air filter paling tidak dilakukan pada saat penggantian oli mesin.

    Tidak ada komentar

    Arsip Blog

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728