Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Fuel Cell Vehicle Konsep Mobil Baru dari Toyota

    Fuel Cell Vehicle Konsep Mobil Baru dari Toyota - Persaingan dunia otomotif semakin ketat, para designer mobil di setiap merek selalu membuat inovasi baru untuk menarik para pelanggan, salah satunya adalah pabrikan mobil Toyota yang rencananya akan memamerkan mobil konsep termutakhir, yaitu Fuel Cell Vehicle pada Consumer Electronic Show yang ke-47, yaitu pameran elektronika terbesar di dunia yang menjadi ajang banyak perusahaan besar dunia untuk memperkenalkan produk terbarunya yang mereka rangcang.

    Toyota menyiapkan mobil berteknologi fuel cell untuk yang akan diluncurkan secara resmi pada 2015. Teknologi ini mereaksikan bahan bakar hydrogen dengan oksigen. Reaksi kimia itu dilakukan di fuel cell stack. Hasil reaksi adalah energi listrik yang disimpan di baterai. Energi listrik ini kemudian dikonsumsi motor listrik untuk menggerakkan mobil. Hasil sampingan dari reaksi hydrogen dan oksigen adalah uap air.

    Fuel Cell Vehicle Konsep Mobil Baru dari Toyota

    Banyak produsen mobil yang mengembangkan teknologi pada dekade lalu karena dianggap sebagai puncak teknologi mobil karena emisi gas buangnya hanya uap air. Namun seiring makin populernya mobil listrik, geliat riset mulai teredam.

    Namun mobil berteknologi fuel cell memiliki sejumlah kelebihan di bandingkan mobil listrik. Meskipun sejatinya sama-sama digerakkan energi listrik, mobil fuel cell memiliki pembangkit listrik sendiri. bahan bakar untuk membangkitkanlistrik yaitu hydrogen ditempatkan di tangki khusus. Nah waktu yang diperlukan mengisi hydrogen itu berkali-kali lipat lebih cepat dibandingkan proses recharge mobi listrik yang butuh waktu berjam-jam.

    Kemampuan jelajah mobil fuel cell juga lebih baik dari mobil listrik yang terkendala dengan kemampuan baterai menyimpan cadangan energi listrik. Saat ini rata-rata daya jelajah mobil fuel cell dua hingga tiga kali lebih jauh dari mobil listrik.

    Mobil fuel cell yang akan ditampilkan Toyota di pameran CES 2014 itu memiliki daya jelajah 500km dengan waktu isi hydrogen hanya 3 menit, sama seperti mengisi bensin sekarang ini.  Dua tangki hydrogen mobil ini mampu menyimpan gas hydrogen 10.000 Psi.  reaksi kimia di fuel cell stack mampu menghasilkan 10kWh.

    Tampilan Fuel Cell Vehicle Concept sangat menarik, eye-catching. Filosofi dasar desainnya adalah proses perubahan dari udara menjadi air.

    Sumber: Toyota

    Tidak ada komentar

    Arsip Blog

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728